Lowongan Pekerjaan
Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB) Yogyakarta
Deskripsi Lembaga
SIGAB (Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel) adalah sebuah lembaga swadaya
masyarakat yang berkedudukan di Yogyakarta, bersifat non profit serta
bertujuan demi terwujudnya keadilan dan kesetaraan bagi kaum Difabel
(penyandang disabilitas) dalam segala aspek kehidupan. Untuk mewujudkan
tujuan tersebut, SIGAB yang telah berkarya untuk kaum Difabel selama lebih
dari sembilan tahun telah dan akan terus mengembangkan diffability awareness
bagi masyarakat, pendidikan/sosialisasi hak-hak difabilitas bagi komunitas
Difabel dan pengambil kebijakan publik, serta mainstreaming difabilitas
dalam kebijakan publik.
Di samping itu, SIGAB telah berkomitmen untuk mempromosikan dan mengupayakan
sistem penyelesaian kasus kekerasan dan diskriminasi (justice resolution
system) terhadap kaum Difabel untuk menjamin akses terhadap keadilan bagi
kaum Difabel.
Disability Legal Info Website
Terhitung mulai Juni 2012 SIGAB bekerja sama dengan AIPJ
(Australia-Indonesia Partnership for Justice) menjalankan program Disability
Legal Info Website yang dimaksudkan untuk menyajikan informasi dan berita
bagi komunitas Difabel, masyarakat, pengambil kebijakan public dan aparat
hokum mengenai:
o Informasi umum tentang difabilitas yang meliputi jenis-jenis
difabilitas, factor penyebab difabilitas, etiket/panduan berinteraksi dan
mensupport Difabel, daftar organisasi Difabel dan LSM bidang difabilitas,
aksesibilitas, Link bagi aktivitas terkait difabilitas, dan sebagainya.
o Berita seputar kasus-kasus hukum dan keadilan dengan fokus pada akses
atas keadilan bagi Difabel.
o Instrumen hukum termasuk instrument hak asasi manusia dan hak Difabel
Undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan daerah serta peraturan lain
yang berkaitan dengan hokum dan difabilitas.
o Legal Clinic: ruang konsultasi bagi Difabel pencari keadilan dan/atau
yang membutuhkan informasi huum.
o Informasi atas akses akan keadilan: berisi informasi mengenai system
penyelesaian kasus keadilan seperti lembaga peradilan, KOMNAS HAM,
Ombudsman, dan lain-lain.
o Poling: survey mengenai pendapat pengunjung mengenai isu-isu difabilitas
serta kepuasan pengunjung terhadap Diffability Legal Info Website.
Formasi yang Tersedia
1. PROGRAM OFFICER (Kode: PO)
Durasi: 12 bulan mulai Juni 2012 dan dapat diperpanjang sesuai prestasi
maupun kebutuhan proyek.
Deskripsi Pekerjaan
1. Membantu Manajer Proyek dan Redaktur Pelaksana dalam mempersiapkan
dan mengisi website serta berkomunikasi dengan pihak-pihak yang mendukung
pengembangan website.
2. Membantu Manajer Proyek dalam mengorganisir semua event yang
berkaitan dengan proyek seperti meeting, FGD dan training.
3. Membantu Manajer Proyek dalam menyiapkan semua dokumen yang
diperlukan untuk pelaksanaan proyek.
4. Bertanggung jawab dalam mempersiapkan pertemuan, menyediakan sarana
dan prasarana pertemuan, serta menyediakan notulensi dan dokumentasi dalam
setiap pertemuan yang berkaitan dengan program.
5. Mengkonsep undangan dan bertanggung jawab atas distribusi undangan
kepada semua peserta meeting, FGD dan training.
6. Mengorganisir akomodasi dan transportasi dalam setiap meeting, FGD
dan training yang berkaitan dengan proyek.
7. Membantu Manajer Proyek dan Redaktur Pelaksana dalam
mensosialisasikan website kepada khalayak ramai melalui jejaring sosial dll.
8. Berkoordinasi secara intensif dengan Manajer proyek dan staf program
lainnya serta pimpinan lembaga untuk kelangsungan proyek.
9. Dan bersedia menjalankan tugas lain yang diamanatkan oleh Manajer
Proyek untuk pengembanganprogram dan kelembagaan.
Persyaratan
1. Pria atau wanita
2. Pendidikan S1/S2 segala bidang akan diprioritaskan
3. Berpengalaman bekerja di organisasi/LSM bidang difabilitas minimal 5
tahun
4. Menguasai isu-isu difabilitas dan keadilan sosial
5. Mempunyai pengetahuan/pengalaman di bidang jurnalistik akan
diutamakan
6. Mampu bekerja full time dan kerja lembur
7. Memiliki kemampuan menulis proposal, laporan kegiatan, dan artikel
serta mampu melakukan note taking dalam suatu meeting
8. Mampu mengelola kegiatan/program rutin dalam skala kecil dan besar
9. Menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar
10. Menguasai Bahasa Inggris lisan dan tulisan akan diprioritaskan
11. Menguasai komputer minimal Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Access, Ms. Power
Point, Internet, Social Media, CorelDRAW/Photoshop.
12. Komunikatif
13. Mampu bekerja independen maupun tim
14. Berkomitmen dan berkontribusi untuk mengembangkan SIGAB sebagai lembaga
yang akuntabel dan mandiri
2. REDAKTUR PELAKSANA (Kode: RP)
Durasi: 10 bulan mulai Agustus 2012 dan dapat diperpanjang sesuai prestasi
maupun kebutuhan proyek.
Deskripsi Pekerjaan
1. Membantu Manajer Proyek dalam mengorganisir FGD dan Training
Jurnalistik dalam rangka pengembangan desain dan konten website serta
penyiapan sumberdaya manusia yang mengelola website.
2. Membantu Manajer Proyek dalam seleksi peserta Training Jurnalistik
dan seleksi jurnalis tetap maupun tulisan-tulisan jurnalis yang layak muat.
3. Mengorganisir dan melakukan pembagian tugas yang efektif bagi para
jurnalis yang terlibat dalam pengelolaan website.
4. Bertanggung jawab atas administrasi dan dokumentasi terhadap staf
jurnalis dan tulisan-tulisan yang masuk, yang layak muat, dan yang tidak
dimuat.
5. Memberikan feedback, masukan, komentar dan saran terhadap
tulisan-tulisan staf jurnalis, baik yang akan dimuat maupun yang tidak
dimuat.
6. Berkoordinasi dengan Web Master untuk up-load tulisan-tulisan ke
dalam website.
7. Membantu Manajer Proyek dan Program Officer dalam mensosialisasikan
website kepada khalayak ramai termasuk melalui jejaring sosial.
8. Dan bersedia menjalankan tugas lain yang diamanatkan oleh Manajer
Proyek untuk pengembanganprogram dan kelembagaan.
Persyaratan Pria atau wanita
1. Pendidikan S1/S2 Komunikasi, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Ilmu
Pemerintahan, Hukum, Sosiologi, Kesejahteraan Sosial, HAM, dan Difabilitas
akan diprioritaskan
2. Berpengalaman bekerja di bidang jurnalistik dan/atau difabilitas
minimal 5 tahun
3. Menguasai isu-isu difabilitas dan keadilan sosial
4. Mampu bekerja full time dan kerja lembur
5. Memiliki kemampuan yang professional dalam menulis berita mendalam,
feature, dan artikel
6. Mampu mengkoordinir staf jurnalis di berbagai kota
7. Menguasai bahasa jurnalistik dan bahasa Indonesia yang baik dan
benar
8. Menguasai Bahasa Inggris lisan dan tulisan akan diprioritaskan
9. Menguasai komputer minimal Ms. Word, Ms. Power Point, Internet,
Social Media, serta program untuk pembuatan karikatur/kartun.
10. Komunikatif
11. Mampu bekerja independen maupun tim
12. Berkomitmen dan berkontribusi untuk mengembangkan SIGAB sebagai lembaga
yang akuntabel dan mandiri
Ketentuan Pengiriman Lamaran
Difabel yang menguasai kualifikasi di atas dianjurkan dengan sangat untuk
melamar. JIka Anda tertarik, kirimkan CV, scan ijazah dan transkrip
terakhir, scan KTP, pasfoto, dan surat lamaran yang disertai permohonan gaji
ke sekretariat@sigab.org dan CC ke mharto@gmail.com paling lambat Tanggal 15
Juni 2012 pukul 17:00 dengan subject : Recruitment dan kode posisi
Salam,
Joni
Muhammad Joni Yulianto, S.Pd, M.A, M.P.A
Direktur | Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB)
http://www.sigab.org
Mobile: +6285878469692
Skype: joni.yulianto
[Non-text portions of this message have been removed]
1.Untuk berhenti berlangganan, sila kirim email kosong yang ditujukan
pada:DevJobsIndo-unsubscribe@yahoogroups.com (Anda harus mengirimkannya
dari email Anda yang terdaftar pada milis).
2. Kami berusaha sebaik mungkin menghubungkan para pencari kerja
dengan pekerjaan yang tersedia di dunia pembangunan di Indonesia dan
atau luar negeri yang relevan, namun milis ini maupun para
moderatornya tidak bertanggungjawab atas segala bentuk penyalahgunaan
layanan publik ini. Kami harap Anda selalu waspada dan berhati-hati
dalam merespon lowongan kerja yang diposting di sini terlebih karena
Anda memberikan informasi pribadi yang bersifat sensitif atau rahasia
di dalamnya. Selain itu, harap tidak mengirimkan informasi pribadi
Anda ke alamat email publik (seperti Yahoo, Hotmail dan Gmail) dan
sebaiknya Anda mengirim aplikasi untuk posisi-posisi di mana alamat
email penerimanya terkait dengan alamat email atau situs web resmi
organisasi/lembaga yang bersangkutan.
Salam,
DevJobsIndo Team
Important Notes to Members:
1. If at anytime you wish to remove yourself as a member please send an email to: DevJobsIndo-unsubscribe@yahoogroups.com (you must send it from the address you subscribed).
2. While we do our best to connect job seekers with available positions in Indonesian and international development opportunities, this mail list nor any of its moderators can be held responsible for misuse/abuse of this public service. Please be careful when responding to vacancies as you are providing the recipient with very sensitive personal information. In addition, please do not send your personal information to public emails (yahoo, hotmail, gmail) and focus on applying for positions where the email address corresponds with the official and authorized email address of the organization/ institution.
Regards, DevJobsIndo Team
0 komentar:
Posting Komentar